Saturday, March 21, 2015

Arti Seni dan Budaya


Seni dan budaya pada mulanya merupakan proses dari kegiatan manusia, dan oleh karena itu bisa juga disebut bersinonim dengan ilmu. Belakangan ini, seni bisa dilihat sebagai wujud dari ekspresi dan kreativitas manusia. Mari kita bahas lebih dalam mengenai seni terlebih dahulu. Seni bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang diciptakan manusia yang memiliki unsur keindahan di dalamnya. Seni adalah sebuah cara diri kita untuk mengekspresikan sesuatu yang mungkin tidak bisa diungkapkan hanya dengan kata-kata. Disini bisa dikatakan bahwa kata “seni” itu masih terlalu luas lingkupnya, seni dibagi menjadi beberapa jenis, ada seni musik, seni tari, seni lukis, dan sebagainya. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan karya seninya. Negara “Bhinneka Tunggal Ika” ini memiliki keanekaragaman seni tradisional yang patut kita lestarikan.

Budaya atau sering disebut kebudayaan berasa dari bahasa Sansekerta yaitu Buddayah. Kata ini merupakan bentuk jamak dari Buddiyang berarti akal atau budi. Budaya dari segi bahasanya kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Di dalam bahasa Inggris, Budaya disamakan dengan Cultureyang berasal dari bahasa latin Colereyang memiliki arti mengolah atau mengerjakan. Budaya dalam bahasa Inggris juga bisa dikatakan sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culturesendiri dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan sebagai “Kultur”. Untuk lebih memudahkan belajar, budaya bisa diartikan sebagai hasil cipta, karsa dan rasa manusia. Ini berarti seni juga termasuk ke dalam produk budaya. Seni dan budaya memang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Kebudayaan Indonesia memang beraneka ragam, tetapi pada dasarnya ia terbentuk dan juga dipengaruhi oleh kebudayaan besar dari bangsa lainnya seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India, dan juga Kebudayaan Arab. Kebudayaan India ini masuk ke Nusantara jauh sebelum ada Negara Indonesia terbentuk. Budaya India ini dibawa ketika agama Hindu dan Budha masuk ke Nusantara. Kebudayaan Tionghoa sendiri masuk akibat interaksi perdagangan yang semakin intensif antara penduduk nusantara dengan penduduk China. Sedangkan Budaya Arab masuk ke Indonesia seiring dengan masuknya agama Islam ke tanah air. Dengan begitu, ketiga unsur budaya tersebut saling berinteraksi dan kemudian menghasilkan sebuah buadaya khas Indonesia. Seni dan budaya Indonesia ini patut dijaga oleh semua warganya supaya tidak punah.

Selain seni lukis dan seni patung, Indonesia juga punya seni kinetic art lho, ingin tahu seperti apa? Kunjungi aja edwinsgallery.com

No comments:

Post a Comment